Ads for you

Minggu, 20 Desember 2009

Cooling Fan? Efektifkah?

Sekarang Pak eRTe-mu ini akan berbicara mengenai cooling fan pada notebook warga-warga sekalian. Pernahkah saudara-saudara sekalian berpikir apa yang dibuang oleh cooling fan saudara-saudara sekalian? atau efisien dan efektfkah cooling fan saya mengatasi masalah panas pada notebook saya? Hal inilah yang akan pak eRTe bahas kali ini.




Cooling fan dibuat dengan tujuan menurunkan suhu pada laptop dan processor. Akan tetapi, pak eRTe merasa ada yang ganjil dengan cooling fan yang pak eRTe pakai. Berikut kronologisnya.

Cooling fan ditempatkan pada bagian bawah laptop pak eRTe, kemudian pak eRTe melihat dan mempertanyakan bagaimana aliran udaranya. Setelah pak eRTe kerumah mbah google di sebelah warung yahoot yang berjualan intel (indomi telor), akhirnya pak eRTe menemukan jawabannya.


Udara bergerak ke samping dan membuang panas ke sisi laptop. Untuk itu ada rongga diantara cooling fan dan laptop. Tenyata hal ini masih menyisakan pertanyaan bagi pak eRTe, bagaimana dengan aliran udara yang dikeluarkan oleh VGA dan harddisk? Bukankah akan kembali lagi ke dalam?

yap benar sekali. VGA dan harddisk akan mengalirkan udara keluar laptop melalui lubang yang ada di bawah. Aliran udara ini melawan aliran udara dari cooling fan dan tentu tidak sepenuhnya hal ini baik untuk laptop saudara-saudara sekalian. Aliran panas tidak sepenuhnya keluar ke sisi laptop dan bahkan ada yang akan balik lagi ke dalam.

jadi kesimpulan pak eRTe adalah lihatlah dahulu desain dari cooling fan tesebut dan analisa juga bagaimana aliran udara akan keluar.Sekian pidato pak eRTe kali ini.
wassalammualaikum wr.wb.

tertanda

Pak eRTe

5 komentar:

  1. he he he ga percuma ente disekolahin di jurusan komputer-ui bal. jadi harga laptop barunya berape bal?

    BalasHapus
  2. Goods.. goodss.. gooooddddssssss...

    BalasHapus
  3. @bad cyber
    ane gak bisa komeng di post ente sob..

    @Bang Rahmat
    wah jangan buka2 donk bang.. kan malu banyak orang..
    harganye masih rahasia bang..

    @mba oyah
    makasi mbak..
    masih newbiee..

    BalasHapus